Diaspora Indonesia Dallas-Forth Worth Rindu Tanah Air

banyak diaspora indonesia dalam dallas- fort worth serta sekitarnya, terutama kaum senior yang meneteskan air mata dalam kampus university of texas (ut) pada dallas, amerika serikat (as), sabtu malam kemarin (13/4) karena rindu selama tanah air.

rasa kangen dan rindu mereka pada tanah air ditampilkan ketika menyaksikan pertunjukan seni juga budaya selama acara `indonesian night, exploring indonesia 2013` yang digelar di salah Salah satu kampus universitas terkemuka as tersebut, konsul jenderal ri pada houston, texas, al busyra basnur menyampaikan selama pernyataan pers, senin.

bahkan ada dan mengatakan akan pulang ke indonesia tahun ini melepas rindu, manakala mampu mereka hendak menghadiri kongres diaspora indonesia di jakarta bulan agustus 2013.

malam indonesia yang dihadiri sekitar 400 pihak itu digelar dengan konsulat jenderal ri dalam houston, texas bekerjasama melalui university of texas di dallas dan kerukunan masyarakat indonesia (kmi) pada dallas-fort worth.

Informasi Lainnya:

sudah berlarut mereka tak pulang ke tanah air dan menikmati pertunjukan seni budaya indonesia. tari dan nyanyi yang muncul oleh warga diaspora indonesia antara lain kuda lumping, indang-dindin badindin, cendrawasih, lenggak lenggok jakarta, gebyar, angklung, puspanjali, pencak silat dan coir orchestra yang menampilkan lagu tanah air dan kulihat ibu pertiwi.

acara dibuka oleh dekan, dr. dennis m. kratz mewakili presiden universitas, walikota richardson bob townsend dan konsul jenderal ri selama houston al busyra basnur. hadir serta para pejabat pemerintah kota dallas, tokoh warga as juga diaspora indonesia.

konjen ri, al busyra basnur mengatakan kiranya acara itu dimaksudkan supaya lebih memperkenalkan indonesia melalui semua potensinya dikalangan pemerintah dan penduduk kota richardson, dallas, fort worth juga sekitarnya.

ada sekitar 2.000 warga indonesia dalam dallas-fort worth serta sekitarnya yang terdaftar pada kjri houston, papar al busyra basnur.

sebelumnya, tahun 2012, konjen al busyra basnur serta menyerahkan bendera indonesia kepada walikota dallas dalam sebuah upacara khusus dihadiri kurang lebih 200 orang. bendera itu berkibar dalam salah Satu ruang kantor walikota itu hingga kini.

keberadaan bendera merah putih kita itu menunjukkan semangat juga persahabatan erat indonesia melalui kota dallas, lanjut al busyra.

donny tigor, ketua kerukunan masyarakat indonesia dallas-fort worth yang juga ketua panitia acara malam indonesia itu menungkapkan kiranya warga diaspora indonesia menyadari kiranya mereka meninggalkan kewajiban agar mempromosikan indonesia dalam kota itu.

untuk itulah kami yang didukung dengan kjri houston menyelenggarakan acara ini, disamping sudah tentu untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, tutur tigor.

sebelumnya, di pagi hingga siang hari yang sama, digelar pula indonesia golf tournament and business gathering selama bear creek golf course dallas yang diikuti 80 orang terdiri daripada pejabat pemerintah setempat, pengusaha, profesional as dan diaspora indonesia.

turnamen golf serta pertemuan usaha ini untuk yang kedua kalinya diselenggarakan selama dallas-fort worth, yang sebelumnya tahun 2011, tutur al busyra.