Jepang tawarkan Indonesia teknologi peringatan bencana

pemerintah jepang mempunyai indonesia kerja sama di bidang teknologi info dan dapat memfasilitasi sebuah alarm atau peringatan dini kepada penduduk perihal potensi terjadinya bencana alam.

menteri pada negeri serta komunikasi jepang yoshitaka shindo di jumpa pers dalam jakarta, selasa, menyampaikan pengalaman kedua negara selama menghadapi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami telah melahirkan gagasan agar memperbaiki sistem penanggulangan bencana selama kedua negara untuk dapat menghindari banyaknya korban jiwa.

kerjasama diantara indonesia serta jepang dalam membuat sistem peringatan dini itu merupakan cara awal yang nantinya bisa disebarluaskan ke seluruh asia.

menteri shindo menekankan pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sistem penanggulangan bencana alam juga dan keselamatan warganya.

Informasi Lainnya:

jepang ketika ini sedang berusaha keras untuk melindungi negara agar lebih tahan bencana, serta apa dan dilaksanakan jepang dapat ditularkan ke indonesia, ujarnya.

salah Satu bentuk teknologi yang ditawarkan jepang, tutur shindo, adalah peringatan dini bencana alam yang mampu mengenalkan potensi dan dampak bencana tersebut ke seluruh jaringan milik instansi terkait, termasuk juga media massa.

di jepang sekarang ini, kalau banyak gempa, berita tersebut langsung disebar, melalui terlalu, dampak seperti kehadiran tsunami mampu disebarkan ke berbagai negara di 3 menit serta antisipasi langsung bisa diselenggarakan, ujarnya.

untuk mewujudkan keuntungan tersebut, papar shindo, mesti dibangun sistem komunikasi melalui perangkat telepon juga komputer dan canggih agar bisa menjangkau semua daerah terpencil.

kami bangun sistem telepon, juga elektronik agar mengembangkan komunikasi itu, melalui kecanggihan ini diganakan serta komputer yang lebih tidak keliru, ujarnya.

dalam memulai penerapan teknologi itu, pemerintah kedua negara sudah melakukan pendidikan kelayakan ke berbagai daerah. shindo menyatakan dana untuk anggaran kerja sama ini belum difromulasikan dengan lengkap, tapi sumber dana dapat berasal daripada pemerintah serta swasta.

untuk dana, kita lihat serta dari sejauh mana implementasi teknologi jepang dalam indonesia, katanya.