Soal nuklir, Iran bantah DK PBB

iran menyangkal pernyataan dewan keamanan perserikatan bangsa-bangsa (dk pbb) yang mengatakan program nuklir teheran adalah ancaman bagi kesepakatan anti-penyebaran nuklir (npt), itulah catatan press tv.

lima anggota tetap dk pbb selama Satu pernyataannya pada jumat (19/4) menggambarkan berlanjutnya kegiatan nuklir tertentu iran sebagai ancaman terhadap npt.

juru bicara kementerian luar negeri iran, ramin mehmanparast, mengatakan, kami adalah anggota yang terikat komitmen pada iaea, salah Salah satu negara pertama dan menandatangani npt, juga kami terikat komitmen pada kewajiban kami berdasarkan kesepakatan tersebut.

ia menambahkan iran ingin melanjutkan situs nuklirnya, yang sepenuhnya damai, di bawah pengawasan kaum pemeriksa badan tenaga atom internasional (iaea).

Informasi Lainnya:

kami akan melanjutkan kerja sama dengan iaea, ujarnya.

setelah pembicaraan nuklir dua-hari antara iran dan grup p5+1 --lima anggota tetap dk pbb update jerman-- berakhir selama 6 april selama almaty, kazakhstan, kedua bagian menyatakan kiranya ada jurang pemisah tentang beberapa masalah berguna yang tidak mampu dijembatani.

iran berpendapat setiap mekanisme supaya melaksanakan masalah nuklir dalam pembahasan tersebut mesti memperhitungkan haknya untuk pengayaan uranium.

namun, negara besar dunia justru membayar teheran menghentikan pengayaan uraniumnya. usul itu dan meminta iran menutup instalasi pengayaan uranium fordow dijadikan imbalan bagi pencabutan sedikit sanksi pbb.