Gempa masih sering guncang Kawah Timbang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) kabupaten banjarnegara menyampaikan gempa masih kerap mengguncang kawah timbang selama desa sumberejo.

berdasarkan pengamatan tim tanggap darurt pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi (pvmbg) selama minggu (31/3), pukul 18.00 wib, sampai senin, jam 06.00 wib, terekan kehadiran tujuh kali gempa vulkanik selama dan 27 kali gempa vulkanik dangkal, tutur petugas posko siaga darurat bencana kawah timbang bpbd banjarnegara, andri sulistyo, selama kecamatan batur, banjarnegara, senin.

sementara dalam minggu (31/3), jam 00.00-18.00 wib, terekam sebanyak 12 kali gempa vulkanik dalam, 41 kali gempa vulkanik dangkal, juga dua kali gempa hembusan dan terjadi dalam sekitar kawah timbang.

sementara ketika kawah timbang berstatus normal, kata dia, rata-rata di Satu bulan terekam kurang dari 10 kali gempa vulkanik dalam serta kurang dari lima kali gempa vulkanik dangkal.

meskipun masih kerap diguncang gempa, masyarakat sekitar kawah timbang tetap tenang di properti masing-masing. hingga ketika ini belum banyak pengungsian, ujarnya.

Baja Juga: Dealer Honda Jakarta - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda

selain gempa, kata dia, selama pengamatan visual dan terpantau kehadiran asap putih tebal dan dihembuskan kawah timbang dengan tekanan lemah sampai ketinggian 50-80 meter ke arah barat.

pada jarak 1.000 meter dibandingkan kawah timbang ke arah barat, papar dia, bau belerang tercium cukup tajam. sementara selama jarak 1.500 meter daripada kawah timbang ke arah selatan, lanjutnya, bau belerang tercium lemah.

saat ini, lanjutnya, telah dilakukan penambahan papan jalur evakuasi di sederat ruas jalan kecamatan batur terutama desa sumberejo dan desa batur.

kalau `light tower` atau lampu sorot telah dibuat sejak sabtu (30/3) dalam dusun simbar, desa sumberejo, yang mengarah ke kawah timbang, oleh karenanya pemantauan selama malam hari lebih tidak rumit diselenggarakan biarpun dibandingkan jarak tidak berbahaya atau pada luar radius 1.000 meter, katanya.