Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan bahwa putaran kesepuluh pembahasan diantara iran dan iaea hendak digelar selama 15 mei dalam wina.

iran dan iaea sudah bertemu pada sembilan putaran pembahasan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka diselenggarakan dalam ibu kota iran, teheran, pada pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea serta kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyatakan, kedua pihak tak mampu mencapai kesepakatan tentang modalitas sementara iaea berkomitmen untuk meneruskan pembicaraan.

iran dan iaea telah membahas lebih daripada Satu tahun untuk membeli modalitas untuk menunjukan bagaimana iran mesti menjawab pertanyaan iaea mengenai isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari web nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel dan beberapa sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar lokasi non-sipil dalam program energi nuklirnya.

iran dengan tegas menolak tuduhan tersebut, dengan alasan bahwa untuk komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi serta anggota iaea, dia berhak untuk membeli teknologi nuklir supaya tujuan damai.

selain tersebut, iaea telah mengerjakan seluruh inspeksi fasilitas nuklir iran, tetapi tidak sudah mendapatkan bukti dan menunjukkan kiranya situs energi nuklir teheran sudah dialihkan ke arah tujuan militer, itulah laporan irna.