Ratusan rumah di Cilacap terendam banjir

ratusan properti di kecamatan sidareja, kabupaten cilacap, jawa tengah, terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi dalam selasa (9/4), pukul 20.00 sampai 00.00 wib, juga rabu, jam 12.00 hingga 17.00 wib.

ratusan rumah itu tersebar selama dua desa, yaitu sidareja sebanyak 190 properti serta gunungreja berjumlah 138 rumah, tutur kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi, di cilacap, rabu malam.

rumah-rumah itu, papar dia, terendam air melalui kedalaman 20 sampai 60 centimeter.

ia menyampaikan, hingga pukul 22.00 wib, tercatat sebanyak 12 keluarga dan terdiri 49 jiwa mengungsi dalam aula koramil sidareja.

Informasi Lainnya:

kepada kaum pengungsi sudah diberikan bantuan berupa mi instan, air mineral, roti kering, gula pasir, juga teh, ujarnya.

dalam kesempatan terpisah, kepala grup teknisi stasiun meteorologi cilacap teguh wardoyo mengatakan, cuaca di wilayah jawa tengah khususnya pihak selatan dipengaruhi badai victoria yang ditampilkan dalam samudera hindia barat daya jawa sejak selasa (9/4), pukul 19.00 wib.

badai tersebut berpengaruh terhadap cuaca sehingga berpeluang terjadi hujan melalui intensitas ringan sampai sedang dan ditemani angin kencang juga petir, ujarnya.

di pilihan web, papar dia, hujan lebat berpeluang terjadi selama hitungan jam.

bahkan, lanjutnya, berdasarkan sistem peringatan dini dan terpasang dalam bengbulang, kecamatan karangpucung, dalam jam 15.00 wib dilaporkan terjadi hujan melalui intensitas amat lebat oleh karenanya berpeluang mengakibatkan banjir pada pilihan wilayah dan lebih rendah semisal sidareja juga sekitarnya.

sebelumnya, salah asli penduduk, mardiyo menginformasikan kiranya ruas jalan nasional diantara gandrungmangu-sidareja khususnya dalam daerah cibogo pada rabu pagi tergenang air melalui kedalaman sekitar 20 centimeter.

genangan air ini akibat luapan sungai cibereum akibat hujan lebat dan terjadi pada selasa malam. apabila sore ini terserah terjadi hujan lebat, kemungkinan pilihan wilayah sidareja mau banjir, ujarnya.

berdasarkan catatan antara, wilayah kecamatan sidareja adalah daerah langganan banjir sebab adalah daerah cekungan.

wilayah ini biasa terendam banjir walaupun tidak terjadi hujan sebab kehadiran air kiriman dari wilayah utara semisal kecamatan majenang juga karangpucung dengan sungai cibereum dan bermuara selama segara anakan.

jika air pada segara anakan yang mengalami sedimentasi tengah tinggi, air daripada sungai cibereum tidak bisa masuk ke website itu makanya menyebabkan banjir terlebih selama kecamatan sidareja.